Mengulas Dramatik cerita


Pada perjumpaan kali ini, kita akan membahas tentang apa maksud dari sebuah dramatik cerita yang biasa dibangun dalam membuat sebuah skenario. Ada banyak buku-buku yang mempelajari tentang teknik menulis skenario, namun semua itu masih berbahasa inggris, jauh dari harapan kita yang masih memiliki kekurangan dalam berbahasa asing, nah disini kita akan menguraikan hal-hal tersebut yang mungkin bisa membantu para pelajar lainnya, meskipun ini masih jauh dalam kesempurnaan. Mari kita simak bareng-bareng referensi dari beberapa buku dibawah ini;

Biasanya, sebuah cerita untuk difilmkan haruslah sebuah cerita memiliki unsur dramatik (dramatic story). Ini penting untuk dipahami, agar menarik ditonton ketika melihatnya.

Dramatik berasal dari kata drama, bahasa yunani, yang kemudian berarti pertunjukan pentas. Pergelaran yang pada mulanya merupakan bagian dari upacara keagamaan, kemudian berkembang menjadi pementasan cerita yang berisi-isi konflik. Maka kata drama disamping berarti pertunjukan pentas, tapi juga bermakna peristiwa yang menggetarkan.

Dalam kehidupan sehari-hari kata dramatik digunakan orang dalam ungkapan “drama rumah tangga” atau “drama cinta segitiga”. Pengertian kata dramatik, bisa disamakan dengan “cerita duka”. Untuk ungkapan “dramatisasi” berarti rekayasa agar sesuatu itu menjadi lebih susah.

Dalam dramaturgi, kata drama ini dipahami bukan hanya terbatas pada duka cerita itu. Namun, semua cerita yang biasa mengugah emosi.

Dimana dalam cerita dramatik tokoh yang dikisahkan, tokoh utama cerita haruslah objek yang menarik dan problemnya juga harus kuat dalam mengugah  emosi yang menyaksikan. Tokoh yang menarik itu adalah yang bisa menimbulkan rasa simpati orang pada umumnya. Ia bisa gadis cantik yang kaya dan pandai, bisa seorang superman, Nyai loro kidul yang kaya dan pandai, bisa seorang preman, pengemiis, dll.

2 thoughts on “Mengulas Dramatik cerita

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s