Pembagian Karya Seni


Hi, guys apa kabar? Disini nih gue, akan menjelaskan tentang beberapa pembagian dari karya seni. Jadi, loh-loh pada mesti simak ini secara baik-baik. Setuju, ya!!!

Berdasarkan pada fungsinya bahwa seni rupa itu dapat di golongkan menjadi dua bagian, yaitu: seni murni dan seni pakai. Seni rupa murni (fine art) adalah sebuah karya seni rupa yang di ciptakan dengan tujuan untuk dinikmati saja, dan tidak dimaksudkan untuk kepentingan lain, misal: lukisan patung, grafis, relief, mozaik dan lainnya. Sedangkan seni rupa pakai (applied art) adalah sebuah karya seni rupa yang selain berbentuk indah, menarik dan menyenangkan juga harus memiliki kegunaan praktis seperti karya yang berbentuk seni kerajinan, misal: anyaman, kipas, meja dan lain-lain.

Berdasarkan pada dimensi atau ukuran, bahwa karya seni rupa dibagi menjadi dua bagian juga, yaitu: karya seni rupa dwimatra (dua dimensi), dan trimatra (tiga dimensi). Karya seni rupa dua dimensi adalah sebuah bentuk karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar serta dilihat dari arah depan saja seperti lukisan dan gambar. Karya trimatra adalah sebuah bentuk karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar dan ketebalan atau ketinggian serta dapat dilihat dari berbagai arah, contoh patung dan seni pertukangan (meja, kursi, almari, dan lain-lain).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s